MACAM -MACAM NAMA JAMU DAN FUNGSINYA

MACAM -MACAM NAMA JAMU DAN FUNGSINYA

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan kata jamu. Jamu merupakan jenis obat tradisional yang dalam pembuatanya menggunakan bahan dasar tumbuhan, hewan, mineral atau campuran dari bahan-bahan tersebut. Meskipun saat ini sudah banyak jenis obat yang lebih modern seperti pil dan lainya. Namuin jenis obat tradisional ini juga masih banyak digunakan. Terutama oleh masyarakat pedesaan. Tahukah kamu bahwa mengkonsumsi jamu sebenarnya lebih aman jika dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan? Mengapa bisa begitu? Karena jamu menggunakan bahan alami yang tentunya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang, berbeda dengan jika mengkonsumsi pil, yang di dalamnya pasti terdapat bahan kimia. Dan bahan kimia sendiri sangat tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi jangka panjang.

Nama-nama Jamu Dan Kegunaannya

Jamu merupakan obat herbal yang sangat aman dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi jamu tubuh akn lebih bugar dan lebih sehat. Jamu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Nah di bawah ini akan kami sampaikan informasi mengenai berbagai macam nama-nama jenis jamu beserta kegunaanya.

  • Jamu kunir asem

Jamu kunir asem atau kunyit asem merupakan jamu yang terbuat dari bahan dasar kunyit dan juga buah asam jawa yang ditumbuk dan dijadikan satu kemudian diberi tambahan gula jawa agar terasa lebih manis. Jamu sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang haid. Karena jamu ini dapat memperlancar haid dan mengurangi rasa nyeri haid. Jamu ini juga berguna untuk menghaluskan kulit dan mengatasi  bau badan. 

  • Jamu beras kencur

Jamu ini dibuat dari bahan dasar beras putih dan juga kunyit yang ditumbuk dan diberi campuran sedikit gula jawa kemudian di eri air matang. Jamu beras kencur mempunyai banyak sekali manfaat, yang di antaranya adalah untuk menambah stamina tubuh, pencegah kanker, obat sakit tenggorokan, diare dan lain sebagainya.

  • Jamu uyup-uyup

Jamu uyup-uyup adalah jamu yang dibuat dari campuran antara sari daun pepaya dan kunyit yang telah dihaluskan. Jamu ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu yang baru saja melahirkan. Karena jamu ini berfungsi untuk memperlancar air susu ibu.

  • Jamu sinom

Jamu sinom adalah jamu yang dibuat dari banyak bahan campuran alami. Yang di antaranya adalah sinom, temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, dan juga gula pasir. Jamu ini dapat berfungsi sebagai obat radang. Sehingga orang yang mengkonsumsi jamu ini bisa berkurang rasa sakit yang dialaminya. Jamu ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan demam.

  • Jamu pahitan

Jamu pahitan memiliki rasa yang sangat pahit.  Karena jamu ini dibuat menggunakan bahan dasar sambiloto. Juga beberapa bahan campuran lainya yang mempunyai rasa pahit yaitu brotowali, bidara laut, dara putih, dan lainya.  Meskipun jamu ini memiliki rasa pahit, namun jamu ini sangat bermanfaat. Manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi jamu ini antara lain dapat menyembuhkan penyakit pilek, batuk, flu, mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, mencegah terjadinya permasalahan pencernaan, menyembuhkan infeksi  dan lain sebagainya.

Di atas telah disampaikan beberapa macam jenis jamu dan juga kegunaanya. Ada baiknya anda mengkonsumsi obat-obatan tradisional seperti yang di atas agar tidak tergantung dengan pil dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *